IKLAN PLAY PER CLICK
1.
Konsep Pay Per Click
ay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan
sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan
dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada
halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin
pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti
facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga pada iklan banner,
direktori belanja seperti Nextag dan Shopping.com.
- Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik
yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
- Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik
kriteria yang lain.
a.
Melakukan pengecekan iklan sesuai
aturan (pedoman editorial).
b. Menampilakan iklan sesuai iklan permintaan
pencarian (kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan
tawaran maksimum pengiklan
dan
keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per tayang.
Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa
teks (ditampilkan berupa teks iklan Search, Display, Sicial Network). URL
(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan URL Display belUm tentu URL yang
pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display
kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama
dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan.
Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi
dalam
penggunaan karakter.
Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tAnda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakana.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu"
atau superlatif dapat digunakan kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk
melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah
sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Banyak pengiklan menempatkan
tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa
seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat. Untuk
iklan PPC di Facebook Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC
Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan lalu lintas ke aset di Facebook
(sebuah halaman, event, aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk
mengarahkan lalu lintas ke eksternal website web.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau
Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pemirsa untuk melihat iklan
yang mereka teman-teman telah berinteraksi dengan iklan ini.
Iklan PPC ada juga yang berbentuk banner, dapat statis atau
dinamis termasuk rich media dengan link atau URL yang banyak dan video banner.
2. Optimasi PPC
Faktor yang dapat kalian lakukan untuk
mengetahui apakah iklan iyu bekerja dengan baik dan atau sudah bekerja secara
optimal atau belum, yaitu sebagai berikut :
a.
Memilih Kata Kunci yang Tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari
membutuhkan kata kunci sebagai acuan agar iklan dapat ditampilkan. Kalian harus
dapat membuat Daftar kata kunci yang tepat. Caranya adalah :
- Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci
yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa
pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah eja dan sinonim).
2) Frase(Phrase)
Pencocokan frase, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci(
"Frase match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah
pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang
sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tAnda kurung siku ([sama
persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama
persis dengan kata kunci yang dipilih.
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tAnda dash di
depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam
pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan.
b. Bahasa dan Lokasi Iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis
dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian
tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna
internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c.
Perilaku dan Demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi.
Kalian dapat menargetkan
iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Selain hal-hal diatas, Anda juga dapat menargetkan berdasarkan:
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah
Ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah
informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan.
Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi
tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan salinan
stAndar. Ada lima (5) ekstensi yang ditawarkan oleh Google:
1.
Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan
informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini, akun
AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu dihubungkan.
2.
Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link,
masingmasing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks stAndar
dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan
memungkinkan untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3.
Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan nomor telepon Anda untuk tampil
di garis bawah iklan yang berteks standar.
4.
Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center
dan menyediakan feed produk, Anda dapat
menyertakan gambar produk di PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna
bagi pengiklan eCommerce.
5.
Penjualan Ratings Ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokan domain yang digunakan dalam
iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi
bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda memiliki
peringkat yang sangat baik.
e.
Penawaran dan Peringkat
CPC (Cost per Click) maksimum atau CPC maks merupakan periklanan
PPC yang harus menentukan nilai maksimum pembayaran dari setiap iklan yang
diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap kata kunci yang
dimasukkan untuk setiap iklan yang dilihat atau diklik. Lelang Vickrey adalah
suatu jenis lelang dimana para penawar tidak saling mengetahui berapa jumlah
yang ditawarkan.
Yang merupakan versi Lelang Vickrey yaitu Generalised Second Price
(GSP) merupakan lelang untuk menentukan iklan mana yang akan ditampilkan
berdasarkan penawaran tertinggi, lokasi, dan kata kunci yng dicari.
Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor
peringkat, Dalam Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality
Score(QS)). Angka Mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun.
Sehingga penting bagi kalian untuk menjaga Skor seluruh account yang dimiliki
berkualitas baik, karena mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Skor
Kualitas peringkat ditentukan oleh faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu
perbaikan.
2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan
keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu
perbaikan.
f.
Konversi dan Harga Klik-Tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan mana yang akan tampil melihat
factor-faktor lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa
tidak hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai
pengiklan. Mesin pencari akan memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang
relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak
sama sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik
berarti tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki
rasio klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari
sebuah iklan adalah konversi / klik . Biaya per tindakan ( atau biaya per
setiap konversi ) adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata
per klik adalah total biaya kampanye/jumlah klik. Anda sebagai pemasang iklan
tentunya harus dan perlu mengetahui hal ini sehingga tidak membayar terlalu
banyak.
g.
Web Tujuan
Iklan PPC tidak hanya menciptakan tentang iklan dan penawaran
untuk kata kunci. Halaman arahan dapat membuat dan menghancurkan kampanye
iklan, karena buruk dalamn tampilan dantarget yang tidak jelas. Halaman
arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang dapat meningkatkan
angka mutu dari iklan tersebut, dan pada gilirannya menurunkan BPK kata kunci.
Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan pengguna ke
halaman yang dituju dengan URL:
h.
Pelacakan
bagaimana kita mengetahui konsumen mengakses atau mengklik iklan
kita yang kita tayangkan. Pelacakan konversi biasanya dilakukan dengan pixel
pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari website. Google
AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang memungkinkan Anda untuk
melaporkan pada AdWords kampanye melalui konversi. Jika Anda mengirimkan lalu
lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda dapat menggunakan
kampanye untuk melacak dan melaporkan kampanye yang mengarakan ke lalu lintas
website.
3.Mengarahkan Kampanye PPC
a. Perencanaan
Agar kampanye berhasil memuaskan, Anda perlu
menggunakan analisi online dan offline dari bisnin produk yang ditawarkan,
tujuan/target, demografi pelanggan, pesaing, serta cara beriklan atau ikutu
acuan 5w+1h ( what, where, when, who, why, dan how), misalkan
:
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana
mereka beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang
kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih
banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan merek?
membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?
b. Anggaran
Seberapa banyak Anda akan menggunakan anggaran
untuk mencapai yujuan Anda (biaya per action). Serta, putuskan berapa anggaran
untuk kampanye PPC atau beriklan/promosi. nda juga dapat memanfaatkan sebuah
tool untuk menghitung anggaran dalam melakukan kampanye PPC misalnya pada
alamat http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu:
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas,
selama posisi
Iklan Anda berada di antara nomer 2 dan 4 maka iklan Anda akan
tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang dikeluarkan
tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada
waktu yang
Tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk
antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target yang
Diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah
bandung sebagai batasannya.
d) Kata kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang
konsumen cenderung gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring
dengan itu , Anda perlu tahu :
(1). Kesalahan ejaan
yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan memasukan kata kunci
(2). Kata-kata apa yang
akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan tool
untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang akan membantu Anda dalam
mengembangkan daftar kata kunci, dan menentukan volume kata kunci. Ada yang
gratis dan ada pula yang berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai
pedoman saja misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/
e) Memilih Paltform PPC
Ada
beberapa perbedaan paltform kecil setiap paltform dalam hal kebijaklan
editorial, dan masing-masing sistem antarmuka pengguna yang berbeda. Yang paling
terkenal adalah Google AdWord. Google AdWord memungkinkan pengguna untuk
bertransaksi menurut mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program
pelatihan dan sertifikasi. Google AdWord juga sebagai penargetan geografis
terbaik di dunia, meskipun pernargetan geografis adalah yang ditawarkan oleh
Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda tentukan
platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin ditawarkan ke konsumen.
f) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat keberhasilannya.
Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang, Iklan tersebut perlu
dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat keberhasilan iklan Anda terhadap
produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
Dengan mesin pencari Google, kalian dapat mencari informasi apa
saja yang kalian butuhkan dan menampilkan daftar hasil pencarian disertai
dengan iklan yang ditawarkan sesuai dengan kata kunci. Dengan Adwords, iklan
dapat tampil pada area yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa
ada kesepakatan pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan
menjangkau orang-orang dengan tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan
di Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat seseorang
mengklik iklan yang ditawarkan.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan
lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka menelusuri
apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah menelusuri
jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga orang-orang tersebut
lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan
pada area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu merupakan
pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google merupakan mesin pencari yang
paling banyak digunakan oleh penffuna internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan
saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin dibelanjakan
setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak pelanggan
baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal mereka, dan detail
lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan
Anda, serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang harus
Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci. Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih
untuk dapat memicu iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan
Google lainnya. Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan produk
atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik (misalnya,
"pengiriman roti buaya", bukan hanya "roti"), biasanya Anda
dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling berminat dengan produk
atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda dan membantu investasi
iklan Anda semakin melesat.
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci
untuk kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC, pastikan
bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut produk atau layanan yang
Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai dengan kata kunci yang menggambarkan
produk atau layanan yang Anda iklankan.
Grup iklan
berstruktur buruk
Grup iklan :
Toko Roti
Kata kunci:
Biscuit
keeping cokelat
Biscuit gandum
Biscuit gula
Biscuit kenyal
Biscuit kacang
Biscuit
cokelat murni
Grup iklan
berstruktur efektif
Grp iklan: Biskuit
Kata kunci:
Biscuit
keeping kacang
Biscuit gandum
Biscuit gula
Grup iklan:
Brownies
Kata kunci:
Brownies
kenyal
Brownies
kacang
Brownies
cokelat murni
Grup iklan:
Kue Mangkuk
Kata kunci:
Kue mangkuk
merah
Kue mangkuk
vanilla
Kue mangkuk
cokelat
b) Pilih kata
kunci yang akan digunakan pelanggan untuk mendeskripsikan produk atau layanan
dan kata kunci yang berkaitan satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci
berkualitas tinggi yaitu.
(1)
Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2)
Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang terkait erat
satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan tersebut. Kata kunci dengan
dua atau tiga kata (frasa) cenderung berfungsi paling efektif.
(3) Pilih kata
kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda menjual bunga, Anda
mungkin ingin menambahkan "mawar" dan "cokelat" ke dalam
daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata kunci Anda dapat menampilkan
iklan kepada pelanggan yang mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar
dan sekotakcokelat.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan
website yang dilihat pelanggan
(5) Jika Anda
memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik, sertakan kata kunci brand
Anda.
2) Tempat
iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan
AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat di seluruh web, bergantung pada
cara Anda menargetkan iklan, kepada siapa saja akan ditayangkan, dan jenis
iklan yang dibuat. Sebelum Anda memilih tempat menampilkan iklan, cobalah untuk
berpikir seperti pelanggan.
Anda mampu
menjangkau pelanggan dengan iklan Anda secara optimal. Beberapa tempat iklan
dapat tampil yaitu.
a) Website non
penelusuran
Kata kunci
dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil penelusuran Google dan website
penelusuran lainnya. Namun, kata kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil
di website lain di seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display.
Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website Google tertentu,
termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com, Families.com. dan YouTube yang
menampilkan iklan AdWords. Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi
seluler yang menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google
Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila Anda
menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda memilih sekumpulan kata
kunci yang terkait dengan produk atau layanan yang ingin diiklankan. Lalu, saat
orang-orang menelusur menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks
dapat muncul di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website
penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google penelusuran, Google
belanja, Google maps, Google gambar, dan Google grup saat seseorang menelusuri
kata kunci Anda.
(2) Website
penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan penelusuran. Apabila
seseorang menelusur di website penelusuran yang bermitra dengan Google untuk
menampilkan iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di samping
atau di atas hasil penelusuran atau di halaman penelusuran yang relevan
lainnya.
(3)
Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil di http://m.google.com,
versi seluler Google Penelusuran.
3) Peringkat
Iklan
Peringkat
Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul dalam posisi seperti
apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata kunci yang sama untuk memicu
iklan mereka atau ingin iklan mereka tampil pada website yang sama. Peringkat
Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang biaya yang
teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu iklan, kata kunci,
dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan jenis penargetan yang Anda
gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat sedikit berbeda, namun selalu
menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Adapun
penempatan iklan:
a) Penempatan
"teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi berhak
tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaui ambang tawaran biaya per klik
(BPK) dan Angka Mutu. Maksimal tiga iklan dapat tampil di posisi teratas setiap
halaman.
b) Penempatan
"Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping atau bawah halaman
hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di statistik AdWords, dan
dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang sebelumnya tidak pernah muncul
pada penempatan samping atau bawah biasanya layak muncul di bagian samping atau
bawah.
4) Penawaran
dan Angka Mutu
Tawaran dan
Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis kampanye. Dengan iklan
bertarget kata kunci di Google dan mitra penelusurannya, tawaran Anda akan
menjadi tawaran biaya per klik maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia
Anda bayar untuk setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada
relevansi kata kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT)
iklan, yang disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa factor
lainnya.
Untuk
menghitung Angka Mutu ini, Google memperhatikan berbagai hal yang terkait
dengan akun Anda. Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat
membantu meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan
dari kata kunci
Anda. RKT yang
diharapkan didasarkan sebagian pada RKT sebelumnya dari kata kunci tersebut,
atau seberapa sering kata kunci tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda.
b) RKT URL
tayangan Anda sebelumnya. Seberapa sering Anda menerima klik dengan URL
tayangan. c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci
di akun Anda.
d) Mutu
halaman website Anda. Seberapa halaman Anda relevan, transparan, dan mudah
untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa
relevan kata kunci dengan iklan Anda.
f) Kata
kunci/relevansi penelusuran. Seberapa relevan kata kunci dengan apa yang
ditelusuri pelanggan. g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah
yang Anda targetkan.
h) Kinerja
iklan Anda di suatu website. Seberapa baik kinerja iklan Anda di website ini
dan website serupa (jika Anda menargetkan Display Networ).
i) Perangkat
yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada berbagai jenis
perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan tablet.
Angka Mutu
digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi hal-hal berikut di akun
Anda:
a) Kelayakan
lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih mudah dan murah bagi kata
kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per
klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan
BPK yang lebih rendah. Hal itu berarti Anda membayar lebih sedikit untuk setiap
klik bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
c) Taksiran
tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi
menghasilkan taksiran tawaran halaman pertama yang lebih rendah. Hal itu
berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil di halaman pertama hasil
penelusuran bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
d) Taksiran
tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih tinggi
menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian atas yang lebih rendah. Hal itu
berarti iklan Anda semakin mudah untuk tampil pada bagian atas halaman bila
kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
e) Posisi
iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan yang lebih
tinggi. Itu artinya iklan Anda dapat tampil lebih tinggi di halaman bila kata
kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
f) Kelayakan
untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa format iklan
membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain itu, Peringkat Iklan
menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan bersama ekstensi iklan dan
format iklan lainnya, seperti tautan website. Karena Peringkat Iklan adalah
fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan
kemungkinan iklan Anda ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara
pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran
otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan Bila lampu di rumah Anda pernah
mati karena lupa membayar tagihan listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan
pembayaran otomatis, Anda menyiapkan bentuk pembayaran di akun dan biaya akan
dibayarkan secara otomatis. Ini membantu memastikan bahwa iklan Anda selalu
berjalan meskipun listrik Anda mati.
Cara kerjanya
Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan Anda akan ditagih
dalam satu dari dua skenario: 30 hari setelah pembayaran terakhir Anda, atau
setiap kali biaya Anda mencapai ambang penagihan (jumlah yang ditetapkan yang
memicu tagihan).
2) Pembayaran
manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Bila Anda
ingin membayar iklan sebelum iklan berjalan dan memiliki anggaran biaya yang
tidak pasti, setelan ini mungkin cocok untuk Anda. Dengan setelan pembayaran
manual, Anda melakukan pembayaran dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda.
Cara kerjanya,
Anda melakukan pembayaran ke akun AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat
iklan berjalan, biaya iklan dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google
dapat memberi tahu Anda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila
saldo akun mulai menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun
Anda mau.
3) Faktur
bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti pembayaran kartu
kredit. Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran yang digunakan Google untuk
menambah batas kredit untuk Anda atas biaya iklan dan Anda menerima faktur
setiap bulan yang Anda bayar dengan cek atau transfer. Anda melakukan
pembayaran sesuai denga persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat
mendaftar ke faktur bulanan. Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan
faktur bulanan bila bisnis Anda memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan
tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1)
Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2)
Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi di setiap
negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords
memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah minimum yang harus
Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian rata-rata dan memilih
bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap kali seseorang menelusuri
Google, AdWords menjalankan lelang untuk menentukan iklan yang tampil di
halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman.
e. Alat
pembayaran
Anda dapat
membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer uang ke
Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran yang berbeda, jadi
pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada
pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari penagihan
otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang telah
ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.
g. Iklan dan
persetujuan
Semua iklan
Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan iklan tersebut aman
dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan untuk melihat apakah
iklan mematuhi kebijakan periklanan Google. Jika Google menemukan masalah,
Google akan memberi tahu Anda lebih lanjut tentang kebijakannya dan apa yang
dapat Anda lakukan agar iklan Anda berjalan lagi. Berikut adalah beberapa
contoh kebijakan website Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a)
website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk menampilkan
iklan(Arbitrase).
b)
website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi). c) website yang
tidak memberikan konten unik dan berharga bagi pengguna.
2) Masalah teknis pada website Anda
a)
Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak perusak atau
yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b)
Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang sensitif
dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a)
Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu" yang
tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu
atau menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google). c)
Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau layanan yang
biasanya diberikan secara gratis). d) Afiliasi tersirat (website yang
menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau hubungan khusus dengan Google atau pihak
ketiga yang tidak terkait tanpa otorisasi yang jelas).
e)
Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak memberikan
model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f)
Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam upaya untuk
menawarkan produknya sebagai produk asli).
Google akan
memberikan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk iklan Anda selama
dan setelah peninjauan untuk mengetahui apakah iklan mematuhi kebijakan
periklanan atau tidak. Beberapa status persetujuan yaitu:
1) Status yang
dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a)
Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil untuk
seluruh pemirsa.
b)
Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang
dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu
iklan dapat tampil di halaman Google penelusuran.
b)
Disetujui (terbatas). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi
karena pembatasan kebijakan seperti kebijakan seputar penggunaan merek dagang
dan iklan perjudian.
c)
Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada
semua situasi karena pembatasan pada konten yang Google anggap "tidak aman
bagi keluarga".
d)
Disetujui (dewasa). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua situasi karena
pembatasan pada konten khusus dewasa.
3) Status yang
dapat mencegah iklan Anda berjalan. a) Dalam peninjauan. Iklan Anda masih
ditinjau dan tidak dapat ditampilkan sampai disetujui.
b)
Belum ditayangkan (iklan video). Iklan video belum disetujui untuk muncul di
YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c)
Tidak disetujui. Iklan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya karena
melanggar kebijakan AdWords. d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat
berjalan karena halaman web yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e)
Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video, dan
lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f)
Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video ditandai
sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)".
Untuk
memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat melakukan dengan cara:
1) Cari tahu
kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda akan menerima email
dari adwords-noreply@Google.com yang menyertakan tautan berisi informasi lebih
lanjut tentang kebijakan spesifik dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat
perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan
kembali website Anda kepada Google.
5.
Menggunakan Adwords
a) Membuat
website dengan Google Sites
Google Sites adalah aplikasi online gratis yang
menjadikan pembuatan website semudah mengedit dokumen. Anda dapat mengubah
sesuaikan website sesuai keinginan, dan bahkan mengunggah gambar yang terkait dengan
bisnis atau layanan Anda.
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak
memiliki akun, klik Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat
Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama,
URL akan dibuat secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun
AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda
(langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang
di dunia dapat melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website
Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk
melihat tema yang lain, klik Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai
penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online
Google dalam tiga langkah dasar.
1) Membuat akun. Caranya:
(a) Kunjungi beranda AdWords di
https://adwords.google.com. (b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat
email Akun Google
(c) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan
untuk akun Anda. Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan
zona waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat mengubah
zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk
akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan
pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan
ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari surat elektronik verifikasi di alamat email
yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan
akun Anda.
2. Membuat
iklan pertama
Untuk membuat iklan teks, ikuti langkah-langkah ini:
6.
Di bagian
"Buat iklan", pilih Iklan teks.
7.
Ketik judul, deskripsi, URL tayangan, dan URL
tujuan.
8.
Masukkan kata
kunci Anda di bagian "Kata kunci".
9.
Klik Simpan. Jika
ini adalah kampanye pertama Anda, klik Simpan dan lanjutkan ke penagihan.
3)
Mengaktifkan akun.
Jika akun sudah didaftarkan maka otomatis akun Anda
telah dapat digunakan. Anda hanya perlu login saja dengan cara buka browser
Anda lalu ketikan pada address bar www.google.com/adwords,
kemudian masukan ID email dan kata sandi(password) Anda.
6. Aplikasi
Pembuat Banner
Banner adalah
sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah web untuk tujuan
periklanan. Banner statis dengan format GIF atau JPEG, tetapi banner juga dapat
menggunakan media lannya seperti Flash, video, JavaScript, HTML5 dan teknologi
interaktif lainnya. Terdapat ukuran standar untuk banner, baik banner statis
atau dinamis.Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner
20px x 20px dengan besar file 50 KiloByte. Ukuran banner dapat dilihat pada
Gambar 6.28.
Untuk membuat
banner anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe
Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif
Animator. Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti
pada www.bannersnack.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar