BAB 4
PEMASARAN ONLINE MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL
1. Pengertian Media Sosial
- Sosial Media adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial termasuk facebook, LinkedIn dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
- Andreas Kaplan dan Michael Haenlein mendefinisikan sosial media sebagai "sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 , dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran isi dalam media social yang dapat dilakukan oleh para pengguna terdaftar (user-generated content)".
- Kesimpulan Sosial Media adalah sebuah media online dimana para penggunanya dapat dengan mudah berpatisipasi, berbagi, dan menciptakan isi yang meliputi blog, jejaring sosial wiki, forum, dan dunia virtual yang dibangun di atas ideologi dan teknologi Web 2.0
2. Pemanfaatan Viral Marketing
Viral marketing (Pemasaran Viral), biasa dianggap sebagai iklan virus, atau pemberitahuan spontan (buzz) tentang pemasaran dan merupakan istilah-istilah yang mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan layanan jejaring sosial yang sudah ada dan teknologi lainnya untuk menghasilkan peningkatan kesadaran merek atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui proses virus mereplikasi diri, pemasaran viral ini sering dianalogikan dengan penyebaran virus atau virus komputer (melalui internet dan jaringan lokal) yang terutama dikenali oleh sebagian besar antivirus yang dikenal juga sebagai pendeteksi akses halaman web (web phising). Hal ini dapat disampaikan dari mulut ke mulut atau ditingkatkan oleh efek jaringan internet dan jaringan mobile.
Viral Marketing bisa berupa video game interaktif Flash, advergames, ebooks, software bandable, gambar, pesan teks, pesan email, ataupun halaman web. Istilah " VRL marketing " juga telah digunakan untuk merujuk kepada pengertian yang merendahkan kampanye pemasaran, seperti penggunaan yang tidak bermoral (stealth astroturfing) secara online dikombinasikan dengan iklan undermarket [memerlukan klarifikasi] di pusat perbelanjaan untuk menciptakan kesan kata-kata spontan secara antusias. Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfaatan database pengguna Internet dengan status ‘free’ (gratis) yang telah terdaftar dan digunakan secara massal. Pemasaran viral adalah suatu bentuk strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan, dengan melihat tingginya animo masyarakat yang selalu terhubung koneksi internet untuk mengakses fitur-fitur gratis (yang sebenarnya telah diselipkan berbagai macam link yang menjadi terapan dari pemasaran viral).
Sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan Michael Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut;Pemasaran Viral dilakukan dengan cara menyebarkan informasi melalui pemanfaatan database pengguna Internet dengan status ‘free’ (gratis) yang telah terdaftar dan digunakan secara massal. Contoh yang dapat diambil adalah situs web surat elektronik gratis seperti Yahoo!, Hotmail, dan GMail, yang selain memberikan pelayanan email gratis, juga memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut.
1) Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar, hub sosial, dan penjual. Para ahli pasar sebagai individu yang terus-menerus ‘melakukan menyampaikan informasi' mengenai (informasi khusus tentang produk yang dipasarkan), mereka biasanya melakukan pengiriman pesan ke berbagai jejaring sosial yang mereka kelola atau mereka sebagai anggota grup dari jejaring social tersebut.
Untuk melakukan viral marketing dapat bekerja dengan baik dengan mempertimbangkan etika penyampaian atau penggalian informasi, maka perlu dilakukan penyampaian informasi yang sebenarnya kepada calon penerima pesan dan dilakukan dilingkungan yang tepat bagi mereka sebagai calon pelanggan. Sebagaimana disampaikan professors Andreas Kaplan dan Michael
Haenlein, dengan mengenal tiga bagian berikut;
1) Penyampai Pesan: Ada tiga tipe tertentu dari utusan yang diperlukan untuk memastikan transformasi pesan biasa yang dikenali sebagai sebuah virus: para ahli pasar, hub sosial, dan penjual. Para ahli pasar sebagai individu yang terus-menerus ‘melakukan menyampaikan informasi' mengenai (informasi khusus tentang produk yang dipasarkan), mereka biasanya melakukan pengiriman pesan ke berbagai jejaring sosial yang mereka kelola atau merekasebagai anggota grup dari jejaring social tersebut.
2) Pesan: Hanya pesan yang mudah diingat dan cukup menarik untuk dapat diteruskan kepada orang lain yang memiliki potensi untuk memacu fenomena viral marketing. Membuat pesan lebih berkesan dan menarik atau hanya lebih menyebar, seringkali bukan soal perubahan besar tapi sedikit penyesuaian tentang gaya informasi yang lebih layak untuk dapat disampaikan pada area jejaring social yang lebih dikenali karakteristiknya dengan gaya pesan tertentu.
3) Lingkungan: Lingkungan sangat penting dalam kebangkitan viral marketing yang sukses - perubahan kecil dalam memimpin lingkungan untuk dapat memperoleh hasil yang besar, dan orang-orang yang jauh lebih sensitif terhadap lingkungan. Waktu dan konteks peluncuran kampanye pesan dapat disampaikan dengan benar.
Berbagai media yang sering dilibatkan dan dimanfaatkan oleh Viral marketing,
antara lain sebagai berikut;
• Layanan partisipasi pelanggan dan polling
• kontribusi organisasi-Industri khusus
• mesin pencari internet dan blog
• integrasi smartphone Ponsel
• Beberapa bentuk cetak dan pemasaran langsung
• layanan web target pemasaran
• Search engine optimization (SEO)
• Sosial media optimasi (SMO)
• Televisi dan radio
Target Pemasaran Viral didasarkan pada tiga prinsip penting, antara lain :
1. Berkumpulnya Profil dalam media sosial
2. Kedekatan Analisis pasar
3. Analisis Real-time ketepatan Kata kunci
3. Macam-macam pemasaran melalui media sosial (facebook, linkedin, twitter, pinterst)- Facebook adalah sebuah platform khusus yang populer digunakan untuk hiburan maupun bisnis. Facebook dapat dijadikan sebagai strategi efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis anda di web. Iklan di jaringan sosial telah menjadi lebih mudah dengan menggunaka Facebook. Proses untuk membuat Halaman Bisnis Facebook agak berbeda dari yang kebanyakan orang ikuti untuk membuat halaman Facebook masing-masing. Ada langkah-langkah yang diuraikan di Facebook. Di dalam Facebook Anda akan memiliki kesempatan untuk memutuskan apa jenis halaman Facebook yang ingin Anda buat. Halaman Facebook Anda sendiri yang menyajikan semua tentang Anda, dan berisi informasi tentang bisnis Anda. Halaman bisnis semata-mata fokus pada bisnis Anda, serta produk dan jasa yang Anda tawarkan. Berikan informasi rinci sebanyak mungkin sehingga pengunjung ke halaman Bisnis Facebook Anda akan memiliki pengetahuan dari apa yang perusahaan Anda tawarkan. Selalu bijaksana untuk menggambarkan bagian-bagian tertentu dari produk Anda dan bagaimana Anda dapat membantu pengunjung halaman bisnis facebook Anda.Beberapa hal yang perlu anda perhatikan :
1) Gunakan Tab Customized, Anda akan menemukan area posting (wall) antara tab di mana anda dapat menempatkan komentar dan posting. Ada juga tab Info dimana anda dapat menempatkan informasi umum tentang bisnis anda. Selain itu Facebook juga memiliki tab selamat datang yang dapat menyertakan link ke segala macam produk serta layanan dan isi dalam jumlah besar.
2) Tujuan dari Halaman Bisnis: Anda harus selalu memahami persis mengapa Anda membuat halaman bisnis dan tujuan utamanya dan memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan pemasaran bisnis Anda. Hal ini sangat berguna karena target pasar Anda akan memiliki reaksi yang sangat positif dalam penggunaan Facebook untuk bisnis Anda.
3) Mengubah Urutan Tab Facebook: Anda harus mengatur urutan tab Facebook Anda untuk membuatnya logis dalam pandangan para calon pelanggan.
4) Konsistensi dalam Posting Konten: anda juga harus menjaga konsistensi dalam posting isi halaman bisnis anda. Anda harus sering login dan memperhatikan tampilan dan fitur-fitur platform, dan penting untuk diperhatikan bahwa Anda perlu berkomitmen mengenai kehadiran anda di media sosial ini.
5) Tetapkan Tujuan yang realistis. Jangan berharap untuk mendapatkan ribuan penggemar dalam bulan pertama Anda, tetapi berpikirlah realistis dengan puluhan atau ratusan dahulu, yang penting mulai dulu dari yang kecil untuk pencapaian yang besar di masa mendatang.
6) Luangkan sedikit Waktu anda: Cobalah untuk menyisihkan waktu anda, paling tidak satu jam sehari untuk update posting facebook tentang bisnis anda dan berkomunikasi langsung dengan pelanggan dan penggemar.
7) Pelajari sebanyak yang Anda bisa: Ambil catatan berdasarkan pengalaman Anda dengan halaman Facebook dan layanan bisnis, Anda dapat mencari banyak informasi dengan search engine google, yahoo atau bing atau bisa juga bertanya pada yang sudah paham tentang facebook marketing.
8) Mulailah dengan anggaran kecil: Anda dapat memulai melakukan iklan tes kecil untuk melihat seperti apa hasilnya dengan pengeluaran yang dibayarkan untuk iklannya, efektif atau tidak, dan kemudian anda dapat meningkatkannya ketika Anda mengetahui mana demografi dan kata-kata kunci yang ingin Anda targetka dan dapat menghasilkan return of investment (ROI) yang bagus.
9) Buatlah Halaman Fanpage bukan Profil: Jangan membuat profil baru untuk bisnis anda, karena itu menyalahi aturan, jadi buatlah halaman fanpage untuk bisnis anda. Setelah anda buat fanpage, undanglah semua teman-temananda agar menjadi fans pertama dari halaman facebook anda.
10) Update Status Dengan Yang Keren-keren: Update-lah status facebook fanpage anda dengan status keren dan cerdas yang bisa mendorong teman Anda untuk terlibat aktif dengan halaman bisnis Anda. Hal ini akan membuat status facebook anda banyak yang memberikan respon (like). Sapa Fans Anda: Kirim ucapan terima kasih tepat setelah seseorang mengklik "Like" pada halaman Anda, dan usahakan menanggapi pesan dan postingan di dinding paling lama 24 Jam. Perhatikan baik-baik apa yang dilontarkan atau yang disarankan oleh fans halaman facbook bisnis anda, dari sana anda akan mebuat fanspage lebih aktif dan berkembang.
11) Jangan kirim spam: Orang-orang telah cukup banyak menerima spam di email atau Inbox mereka, dan pastinya akan sangat terganggu jika anda ikut-ikutan mengirimkan pesan langsung ke inbox/email mereka. Jika ada sesuatu yang mau disampaikan, cukup tuliskan di status anda.
12) Promo Kupon Diskon: Berikanlah kupon diskon untuk menarik peminat pembeli anda, agar mereka berminat untuk membelinya / berlangganan di tempat anda. Lakukan secara berkala agar pelanggan yang sudah ada tetap loyal dengan bisnis anda.
13) Tawarkan membership: tawarkan membership atau keanggotaan dengan berbagai macam tawaran menarik jika menjadi anggota dan berlangganan di tempat anda, yang tidak bisa didapatkan kalau hanya membeli putus saja, hal ini akan mempercepat perkembangan bisnis anda menjadi lebih besar.4. Pemasaran menggunakan Media VideoMembuat article video untuk pemasaran merupakan model yang sangat menjanjikan untuk melakukan pemasaran dan iklan melalui media internet yang dapat dibuat dalam durasi yang relatif singkat, sekitar 2-5 menit video tentang topic yang spesifik dengan menggunakan konten tentang artikel dan sumber teks yang lain. Kemudian video diupload ke berbagai situs video sharing seperti youtube untuk didistribusikan ke berbagai masyarakat, baik secara terbatas di jejaring social, maupun media social dan website atau blog dengan menyisipkan link ataupun embed (sisipan video).Dapat juga kita lakukan dengan menggunakan software presentasi online (dengan syarat koneksi internet cukup bagus, antara 512kbps – 1024kbps), seperti terdapat dalam alamat http://www.powtoon.com yang memerlukan registrasi sebagai pengguna, atau dapat kita lakukan login dengan akun email ataupun akun facebook yang telah kita miliki sebelumnya. Atau dapat juga kita temukan dalam alamat-alamat lain yang menyediakan aplikasi online serupa. Pemasaran menggunakan video merupakan perluasan model pemasaran tetapi berfungsi sebagai media alternatif bagi perusahaan atau lembaga untukmenyampaikan pesan mereka kepada masyarakat yang lebih luas, dan mendapatkan lebih banyak tanggapan. Menjadikan media audio visual, yang merubah artikel menjadi video dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk membaca artikel tentang penyampaian pesan atau iklan.Beberapa perangkat lunak opensource/freeware yang dapat kita gunakan untukmengolah video sebagai media pemasaran adalah sebagai berikut;• Avidemux (http://avidemux.sourceforge.net/download.html - win, linux)• Blender (http://www.blender.org/download// - linux, windows, mac)• Cinelerra (http://cinelerra.org/getting_cinelerra.php - linux )• Kdenlive (http://kdenlive.org/ - linux, mac)• Kino (http://www.kinodv.org/article/static/1 - linux)• LiVES ()• OpenShot (http://www.openshot.org/download - linux)• VirtualDub (http://www.virtualdub.org/download.html)• VirtualDubMod (http://www.videohelp.com/tools/VirtualdubMOD)• Debugmode Wax ()• Lightworks (http://www.lwks.com)• Pinnacle Videospin (http://videospin.en.softonic.com)• Smartpixel ()• VideoThang ()Windows Movie Maker (http://www.windows-movie-maker.org/)
Pemasaran Online Menggunakan Media Sosial
Langganan:
Postingan (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar